Lelah saat mengemudi di kondisi macet di jalanan Jakarta mungkin bisa dihindari menggunakan aplikasi Oper / DailySocial

Satu lagi aplikasi yang membantu Anda pemilik mobil pribadi terbebas dari rasa lelah menghadapi kemacetan yang ada di Jakarta. Adalah Online Helper (Oper) yang berusaha mengatasi kendala tersebut dengan menghadirkan aplikasi dengan konsep on-demand driver (ODD) yang menyediakan jasa pengemudi pribadi. Dengan mengusung tagline “we got your back“, Oper ingin membantu semua pemilik mobil pribadi yang enggan mengendarai kendaraan saat keadaan tertentu dengan menggunakan jasa layaknya supir pribadi.

Saat ini Oper tersedia dalam bentuk aplikasi mobile di platform Android, namun untuk ke depannya Oper juga akan bisa digunakan di platform iOS.

Pengguna yang ingin menikmati layanan Oper bisa memanfaatkan jasa pengemudi yang akan mengantarkan pengguna ke tempat tujuan (per rute). Oper mengklaim layanan yang ditawarkan merupakan yang pertama kali hadir di Indonesia.

Oper adalah layanan yang didirikan oleh Robin Lazendra dengan payung PT Folks Teknologi Indonesia. Robin sebelumnya meluncurkan aplikasi media sosial bernama Getfolks.

Layanan seperti ini dikabarkan cukup laku di Korea Selatan karena banyak pengemudi yang tidak bisa menyetir sendiri kendaraannya karena mabuk setelah menikmati hiburan malam. Di Jakarta, alasan paling masuk akal untuk menggunakan Oper adalah menghindari capek menyetir saat kondisi macet.

Proses penyaringan pengemudi

Selama ini jasa supir pribadi cukup mudah ditemukan di mesin pencari, namun kebanyakan masih menggunakan cara-cara lama, yaitu melakukan janji melalui telpon kemudian diakhiri dengan negosiasi harga. Kehadiran Oper diharapkan memudahkan pengguna yang dalam waktu cepat membutuhkan jasa supir pribadi di mana pun dan kapan pun. Kisaran harga perjalanan yang dibebankan pun telah ditentukan.

Dilengkapi rompi seragam berwarna merah, Calon Helper (Caper) diklaim telah melalui proses seleksi yang cukup ketat untuk memastikan Caper tersebut memiliki kredibilitas dan tentunya bisa dipercaya.

“Pengemudi Oper saat ini ada 10 karena kami lebih mementingkan kualitas dibandingkan kuantitas. Untuk kawasan beroperasi untuk saat ini masih seputaran Jakarta, tetapi ke depannya tentunya akan dibuka di kota-kota lainnya,” kata Robin kepada DailySocial.

Fitur yang tersedia dalam aplikasi Oper di antaranya adalah tracking posisi Helper ketika pemesanan telah dilakukan, estimasi biaya, dan laporan terkait dengan layanan yang telah diberikan Helper. Saat ini Oper hanya menyediakan metode pembayaran secara tunai saja yang ditentukan sesuai dengan jarak. Biaya tersebut sudah termasuk ongkos perjalan Helper pulang dan pergi.

“Biaya berdasarkan km, di mana per km adalah Rp 2000 dan ditambah dengan ongkos transport pengemudi untuk ke lokasi pengguna,” kata Robin.

Source : https://dailysocial.id/post/aplikasi-pengemudi-on-demand-oper-hadir-di-jakarta